Menghitung Rumus Simpangan Baku di Microsoft Excel

Ketika anda belajar mengenai simpangan baku atau standar deviasi maka tentunya ada juga harus mempelajari mengenai rumus simpangan baku atau cara perhitungannya. Selama ini perhitungan standar deviasi dilakukan dengan memakai rumus manual. Tetapi ternyata bisa juga dilakukan menggunakan microsoft excel sehingga lebih cepat dan hasilnya juga tak kalah akurat. Hal ini sangat mempermudah bagi para peneliti yang membutuhkan pengolahan data yang cepat dan tepat.

rumus.co.id

Ketika para ahli statistika ingin menghitung rumus simpangan baku maka bisa menemukan rumusnya pada microsoft excel. Perlu anda ketahui bahwa untuk menghitung rumus standar deviasi maka ada rumus spesifik seperti pada penggunaan SUM ataupun AVERAGE untuk menghitung rata-rata.

Dalam hal ini rumus yang dipakai untuk menghitung standar deviasi yaitu memamaki STDEVA. Dimana STDEVA tersebut merupakan sebuah rumus standar deviasi yang mengansumsikan sampel populasi. Perhitungan menggunakan STDEVA ini memakai metode “n-1”. Sebetulnya perhitungan rumus memakai STDEVA melalui microsoft excel memang sangatlah mudah. Sebab anda hanya perlu memasukkan data yang ingin dihitung pada sheet excel. Agar rumus yang dimasukkan tersebut memberikan hasil yang berupa angka maka hitunglah dengan cara memilih datanya lalu tekan F2 serta enter. Maka nilai simpangan baku akan keluar dengan sendirinya.

Untuk semakin memperdalam pemahaman anda mengenai perhitungan standar deviasi menggunakan microsoft excel maka berikut akan diberikan contoh soalnya. Misalnya anda diminta untuk mencari nilai standar deviasi dari tinggi badan anak SMP. Maka sesudah anda mengetahui datanya maka silakan lakukan beberapa langkah perhitungan sebagai berikut.

  1. Pertama silakan tentukan terlebih dahulu rata-rata atau mean caranya dengan menjumlahkan seluruh data yang ada lalu bagi dengan banyaknya data yang ada. Contoh jika datanya ada 6 maka silakan jumlahkan menjadi 30 sehingga meannya yaitu 30 lalu bagi 6 sehingga hasilnya adalah 5.
  2. Sesudah menentukan rata-rata atau mean maka silakan tentukan varian di dalam sampel.
  3. Untuk langkah yang terakhir yaitu hitunglah standar deviasi menggunakan microsoft excel seperti yang sudah dijelaskan di atas menggunakan STDEVA.

Itulah tadi penjelasan mengenai cara menghitung rumus simpangan baku menggunakan Microsoft Excel. silahkan klik disini rumus.co.id agar bisa menambah wawasan anda. Kini untuk menghitung standar deviasi anda bisa memakai microsoft excel yang pasti lebih praktis, mudah dan hasilnya tetap akurat.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *