Tahu Arti Kata Makar? Ini Sejarahnya

Beberapa hari belakangan ini kata makar sering sekali terdengar, ntah itu melalui media sosial ataupun berita dalam televisi. Untuk anda yang berlum tahu apa arti kata makar, maka dari itu kami akan menjelaskan mengenai sejarahnya hingga kenapa makar ini menjadi sebuah tindakan yang memiliki hukuman yang berat bagi pelakunya.

Arti Kata Makar

Kata makar sendiri merupakan kata yang berasal dari bahasa Arab, dimana makar ini berasal dari kata macron, masdar yang memiliki arti membohongi, memperdayai, menipu, menghianati atau juga mengelabuhi. Hal ini juga diucapkan oleh guru besar hukum pidana, Profesor Hibnu Nugroho pada Mei lalu.

“Melihat dari asal mula kata aslinya, Makar ini muncul dari bahasa Arab yang berarti menipu, mengelabuhi, memperdaya, membujuk, ataupun menghianati,” ujar Hibnu, (9/5/2019).

Dulu, pada masa pemerintahan Soekarno ada kasus makar pertama yang dilakukan oleh Daniel Maukar, dimana dirinya dengan sengaja mengendarai pesawat tempur dan menyerang istana Negara. Beruntung, saat itu Pak Soekarno sedang tidak berada di tempat, sehingga tidak sampai melukai dirinya. Atas tindakan tersebut, Daniel Maukar diadili dengan tuntutan makar pada Negara dan Presiden. Dirinya diputuskan dengan hukuman mati, namun dirinya diampuni sehingga hanya menjalani 8 tahun penjara selama masa pemindahan.

Dalam KUHP sendiri makar ini juga banyak ditulis pada beberapa pasal, mulai dari pasal 87, pasal 104, pasal 106, pasal 107, pasal 139a, dan juga pasal 139b. Pada pasal-pasal ini membahas mengenai makar, pidana serta seluruh info yang berkaitan mengenai makar tersebut. Selama ini, sudah 2 kali dilakukan uji melalui MK. Dimana pemohon meminta untuk pidana makar ini diperjelas, dimana makar merupakan serangan yang berarti seseorang sudah melakukan tindakan yang menimbulkan korban.

Namun pihak MK menolak, karena hukum tidak akan jelas bila makar hanya berupa serangan. Pasalnya arti kata makar itu sendiri bisa berupa usaha menjatuhkan Negara, dan hal itu sudah dianggap dalam tidakan makar.

Demikian artikel mengenai makar, semoga dengan adanya artikel ini bisa memperjelas kebingungan anda mengenai kata makar ini.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *