Struktur Teks Eksplanasi Yang Benar

Tentu kita sudah tidak asing lagi bukan dengan dengan istilah teks eksplanatif, bahkan mungkin tanpa kita sadari sering menyebutnya. Ketika sekolah pada mata pelajaran Bahasa Indonesia kita tentu pernah mendapat materi tentang teks eksplanatif ini. Dalam kehidupan sehari-hari tentu kita juga sering membaca contoh teks eksplanasi seperti di Koran, televisi, intermet atau yang lainnya. Jadi apa sih yang disebut dengan teks ekplanasi itu?

rumusrumus.com

Secara sederhana eksplanasi adalah sebuah teks yang di dalamnya menerangkan informasi tentang berbagai macam peristiwa atau fenomena yang terjadi. Baik fenomena alam, ilmiah, budaya dan kehidupan sosial. Pada dasarnya contoh teks eksplanasi menurut rumusrumus.com dibuat untuk menjelaskan tentang mengapa dan bagaimana suatu peristiwa bisa terjadi serta sebab akibatnya. Contohnya seperti terjadinya gempa bumi, dampak pemanasan global dan lainnya. adapun struktur dari teks eksplanasi adalah sebagai berikut:

  1. Pembuka (pernyataan umum)

Pada pernyataan umum memuat tentang penjelasan umum tentang suatu peristiwa atau topik yang akan dibahas. Pada pembukaan ini bisa dijelaskan mengenai pengenalan atau penjelasan singkat tentang proses keberadaan atau terjadinya suatu fenomena. Bisa tentang gambaran umum tentang gempa bumi dan bagaimana proses terjadinya peristiwa gempa bumi.

  1. Bagian Penjelas atau urutan sebab akibat

Pada bagian ini berisi informasi tentang sebab akibat dari suatu peristiwa. Bagian ini menjelaskan bagaimana tahapan proses suatu peristiwa atau fenomena terjadi secara detail yang diurutkan secara rinci dan runtut dari bagian awal hingga sampai bagian akhir. Bagisn penjelas disusun sedemikian rupa agar pembaca dapat memahami bagaimana kronologis dari suatu peristiwa secara lengkap, seperti mengapa gempa bumi bisa terjadi dan merincikan penyebab dan akibat dari peristiwa gempa bumi.

  1. Interpretasi (opsional)

Yakni teks sebagai penutup yang sifatnya opsional atau pilihan. Karena sifatnya yang hanya pilihan maka bagian penutup ini tidak diharuskan ada jadi bisa dihadirkan bisa juga tidak. Yang dimaksud dari teks penutup ini adalah merupakan kesimpulan atau intisari dari pernyataan umum dan juga bagian penjelas. Opsinya bisa berupa kesimpulan atau tanggapan atas topik yang dibahas.

Adapun semua penjelasan atau informasi yang terdapat pada contoh teks eksplanasi adalah faktual yang memang benar-benar terjadi. Jadi teks yang hanya sekedar opini-opini dari seseorang tidak bisa dikategorikan dalam teks eksplanasi.

Author: admin

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *